• 0321-861819
  • manjombang@kemenang.go.id

jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 2 Jombang, Jawa Timur

Berita

Blog Details

Tanggap Pencegahan Penyebaran Covid19 MAN 1 Jombang Provinsi Jawa Timur Terapkan Pembelajaran E-Learning Madrasah

Pandemi Covid – 19 yang melanda secara global di seluruh penjuru dunia menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia salah satunya menerapkan himbauan kepada masyarakat untuk melakukan “Physical Distancing” . Pendidikan di Indonesia juga menjadi salah satu bidang yang berdampak akibat adanya pandemic Covid-19 tersebut.

Dengan adanya pembatasan interaksi, Kementerian Agama juga mengeluarkan kebijakan dalam rangka upayapencegahan penyebaran Virus Covid-19 berdasarkan surat  Nomor B-1579/Kw.13.2.1?PP.00/3/2020 yang menghimbau agar kegiatan pembelajaran mulai dari jenjang PAUD, RA,MI,MTs dan MA Negeri/Swasta dapat dilakukan di rumah dengan system dalam jaringan (daring). Selama aktivitas pembelajaran dilaksanakan di rumah, dihimbau kepada seluruh wali murid untuk mengarahkan aktivitas  anak-ank pada learn from home/belajar di rumah sesuai dengan tugas mandiri yang akan diberikanmadrasah dan akan dinilai pada saat pembelajaran aktif kembali di madrasah.

Penerapan LFH (Learn From Home) di MAN 1 Jombang tetap berpedoman pada panduan Kurikulum Darurat yang telah diterbitkan Kementerian Agama RI  yang tercantum dalam surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Isla nomor 2791 tahun 2020 tertanggal 18 Mei 2020  dengan demikian pembelajaran madrasah akan tetap menjamin keamanan, kesehatan dan keselamatan siswa, serta pelaksanaan pembelajaran bermutu akan tetap bisa dirasakan oleh siswa madrasah baik pada masa pemberlakuan darurat maupun pada saat penerapan New Normal. Aktivitas pembelajaran di Man 1 Jombang pada masa Covid-19 berpedoman pada kalender Pendidikan berjalan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama yaitu kalender pendidikan 2019/2020 yang akan berakhir pada 20 Juni 2020 serta Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021 yang akan dimulai tanggal 13 Juli 2020. Pelaksanaan pembelajaran Daring di MAN 1 Jombang dilaksanakan sejak tanggal 17 Maret 2020 sejak ditetapkannya LFH/WFH oleh pemerintah. Meskipun dalam situasi pandemic Covid-19 MAN 1 Jombang telah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan pembelajaranyang terbaik  kepada siswa baik pada masa darurat maupun saat pelaksanaan New Normal . Berbagai media dan metode yang telah diterapkan oleh para Guru MAN 1 Jombang dalam melaksanakan pembelajaran online menggunakan E-Learning Madrasah yang dilengkapi dengan  Quipper School, Google Form, Google Classroom, Zoom Meeting, yutube dan Washap. Dengan adanya pembelajaran daring ini mempunyai dampak positi bagi pendidik untuk lebih menguasai berbagai macam sarana pembelajaran online tersebut, sehingga akan tercipta pemikiran metode dan model pembelajaran yang lebih bervariasi, misalnya penggunaan video kreatif. Dengan menggunakan Vidio kreatif ini siswa akan lebih tertarik dan lebih memahami materi. Sehingga dengan adanya penerapan metode pembelajaran di rumah siswa tidak merasa bosan. Seperti yang dilakukan oleh Guru matematika MAN 1 Jombang Erviningsih Setyorini , Nur Hafsah dan Afni Nihayah. Selain itu beberapa guru lainnya dari mapel Sejarah,  PAI, Bahasa Indonesia, Ekonomi dan lain-lain juga menerapkan media dan metode pemebelajaran yang sama.

Selama pandemi Covid-19 Kepala Madrasah Erma Rahmawati selalu melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring melalui WA Grup,maupun E Learning. Tidak hanya itu, Beliaunya juga selalu aktif untuk membantu Bapak/Ibu Guru yang mempempunyai kendala siswa kurang aktif dalam pembelajajaran. Selain itu juga Kepala Madrasah juga mengadakan rapat dinas secara virtual melalui media zoom meeting . sehingga dengan mengadakan rapat secara daring maka kita bisa segera mengatasi segala macam kendala yang terjadi selama pembelajaran online. Meskipun pandemic Covid tidak menutup kemungkinan bagi semua civitas MAN 1 Jombang untuk bersilahturrahni dalam acara Halal Bihalal Keluarga Besar Man 1 Jombang yang diadakan hari Selasa (2/6) kemaren melalui media google meet.

Untuk kegiatan PAT di MAN 1 Jombang yang dimulai hari ini Rabu (3/6) Alhamdulillah dilakukan  secara online melalui E-Learning Madrasah bisa berjalan lancar. Abdul Haris selaku Waka Kurikulum mengatakan Kami sekarang sedang mempersiapkan Kurikulum darurat Covid untuk menghadapi New Normal. Jika New Normal akan diterapkan di madrasah, maka kami berencana membatasi jumlah siswa yang masuk sekolah dengan cara dibagi menjadi 2 shit pagi dan siang. Apabila ada siswa yang masih kesulitan belajar maka kegiatan pembelajaran bisa ditambahkan system daring. Selain itu juga kami juga akan tetap menerapkan protokoler kesehatan dengan wajib menggunakan masker, penyemprotan Disinfektan, pengukuran suhu badan untuk setiap siswa maupun Guru yang masuk madrasah.  (Ifz)

KOMENTAR